Senin, 23 Mei 2011

tugas softskill Game edukasi mathDroid


Pembuatan dan Penjelasan Game
            Penulis membuat aplikasi game Edukatif Belajar Berhitung untuk anak-anak ini menggunakan Eclipse Galileo dan Android SDK for Windows. Pada proses pembuatanya yang harus dilakukan pertama-tama adalah membuat Android Project, yang berupa suatu package di dalamnya terdapat class java dan class xml. Pada class java berisi coding yang berguna untuk memberikan fungsi-fungsi yang ada dalam class xml. Sedangkan class xml merupakan class yang berisi codinf untuk mengatur tampilan / interface aplikasi. spesifikasi perangkat keras sebagai berikut : Prosessor Core2Duo T6400, Memory 2 GB, HDD 320 Gb.
Struktur Navigasi
            Struktur navigasi berfungsi untuk menceritakan struktur atau alur cerita dari suatu program. Struktur navigasi yang digunakan untuk membuat aplikasi game edukatif ini yaitu struktur navigasi composite (campuran). Berikut gambar dari struktur navigasinya :





Gambar  Struktur Navigasi
Halaman pertama yang akan tampil adalah halaman layar Menu yang menampilkan pilihan navigasi awal dan merupakan halaman utama. Pada layar ini terdapat tiga buah tombol yaitu Mulai untuk memulai session game, Tentang untuk mengetahui sekilas tentang aplikasi game edukatif ini, dan Keluar untuk keluar dari game. Setelah layar Menu tampil dan pilihan Mulai diakses akan tampil dua buah tombol, yaitu Penjumlahan dan Pengurangan. Pada layar penjumlahan, tersedia soal-soal dengan operasi penjumlahan, soal tersebut disediakan sebanyak 10 soal. Sama halnya dengan layar penjumlahan, pada layar pengurangan juga tersedia soal-soal dengan operasi pengurangan yang jumlahnya 10 soal. Kemudian pada layar Tentang terdapat informasi sekilas mengenai aplikasi game edukatif belajar berhitung untuk anak-anak.
Rancangan Alur Program
Use Case Diagram
Gambar  Use Case Diagram Aplikasi
Gambar diatas merupakan gambar use case diagram untuk aplikasi game Edukatif Belajar Berhitung. Pada diagram ini terdiri dari 2 aktor (pemain dan game) dan 8 buah use case. Pada diagram ini pertama pemain memilih menu Mulai Game. Jika pemain sudah memilih menu mulai game, selanjutnya pemain akan memilih operasi. Setelah itu, game Belajar Berhitung akan menampilkan layar permainan. Kemudian pemain memulai permainan dengan menjawab semua soal yang tersedia. Dengan syarat untuk lanjut ke soal berikutnya harus menjawab dengan benar terlebih dahulu.. Jika semua soal telah dijawab, maka akan muncul nilai yang didapat. Jika pemain memilih menu tentang, maka aplikasi game Belajar Berhitung akan menampilkan menu Tentang. Dan saat pemain memilih keluar maka pemain akan keluar dari aplikasi game Belajar Berhitung.  
nah hasil output ya seperti gambar berikut
 Gambar  Tampilan Home


Gambar  Tampilan Operasi

Gambar  TampilanTentang


3 komentar:

3ia06 Mr.T mengatakan...

ini game buatan sendiri atau oranglain? kalo bukan buatan sendiri, coba tolong dikasih creditnya.

Unknown mengatakan...

Setubuh sama yg di atas...

Liana Indrijaya mengatakan...

ehhmmm...
setuju sama yg paling atas.
tp klo buatan org lain tolong minta izin dulu sama yg punya nya.
kasian yg udah susah2 bikin, di tanyain sama dosen pembimbingnya, dicurigain, ga di percaya ma dosennya.