Jumat, 17 Desember 2010

Pengenalan topologi jaringan


1.         *  Topologi Jaringan Pohon (Tree)
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .
Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada  node-7.
Keunggulan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.
·      Topologi jaringan Bus
Pada topolgi ini computer dihubungkan secara berantai satu dengan yang lain dengan perantaraan suatu kabel yang umumnya berupa kabel coaxial. Pada topologi ini pada umunya tidak menggunakan suatu peralatan aktif untuk menghubungkan computer, oleh sebabitu ujung-ujung kabel koaksial harus ditutup dengan suatu tahanan(termination resistor) utuk menghindari pantulan yang dapat menimbulkan gangguan yang menyebabkan kemacetan jaringan.

·      Topoli jaringan Star
Topologi star memliki suatu konsentrator yang biasa ditempati oleh hub atau switch. Konsentartor berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dari suatu computer dan meneruskan ke ssemua computer lain yang berhubungan.

·      Topologi jaringan Ring
Jaringan dengan topologi ini mirip dengan topolgi bus hanya saja ujung-ujungnya saling berhubungan mebentuk suatu lingkaran. Pada lingkaran tertutup ini, sejumlah computer dihubungkan ke lingkaran tersebut.

·      Topologi jaringan MESH
Jaringan ini memiliki jalur ganda dari setiap peralatan di jaringan. Semakin banyak computer yang terhubung maka semakin sulit dalam pemasangannyua khususnya dalam pemasangan kabel. Oleh sebab itu jaringan mesh yang murni di mana setiap peralatan jaringan dihubungkan satu dengan yang lain jarang digunakan. Yang sering dipakai adlah hubungan-hubungan utama sebagai jalur cadanagn jika terjadi kesulitan pada jalur utama.

Tidak ada komentar: