setelah kita sudah menginstal kita akan mulai membuat suatu bangun ruang 2 dimensi.
hal-hal yang harus dikerjaklan adalah
1. buka program peles C tersebut yang baru kita install tadi
2.setelah kita buat project baru yaitu dengan file--> new-->project lab ti ( karena kita sudah install modul dari lab ti maka akan muncul modul yang bernama lab ti seperti gambar dibawah ini
*jika kita sudah muncul modul labti berarti kita sudah berhasil menginstall open GL dari lab ti..oya setelah kita klik lab ti open GL ya jangan lupa di Name : disi nama file ya.C  trz langsung OK..tinggal next dan Finish
3. sekarang kita buat bangun 2 dimensi ya..yaitu kita buat segitiga...
#include (windows.h)
#include (GL/gl.h)
#include (GL/glu.h)
#include (GL/glfw.h)
void mulaiOpenGL(void);
int main(void)
{
 //
 // mRunning = TRUE, aplikasi masih berjalan
 // mRunning = FALSE, ??? :p
 GLuint mRunning = GL_TRUE;
 //
 // inisialisasi GLFW
 if( glfwInit() == GL_FALSE )
 {
  MessageBox( NULL, "ERROR :: gagal menginisialisasi GLFW", "Error!", MB_OK);
  return(0);
 }
 //
 // buat sebuah window yang akan digunakan untuk menggambar.
 if( glfwOpenWindow( 640, 480, 0, 0, 0, 0, 24, 0, GLFW_WINDOW ) == GL_FALSE )
 {
  MessageBox( NULL, "ERROR :: gagal membuat window", "Error!", MB_OK );
  glfwTerminate();
  return(0);
 }
 //
 // Set judul yang ada di window dan Swap interval.
 glfwSetWindowTitle( "Tugas GarfkomI" );
 glfwSwapInterval( 1 );
 //
 // mulai OpenGL (melakukan setting awal OpenGL)
 mulaiOpenGL();
 //
 // mulai looping utama program
 while( mRunning )
 {
  //
  // bersihkan layar dan depth buffer
  glClear( GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT );
  glLoadIdentity();
  //
  // lakukan penggambaran di sini
  //------------------------------------------------------------------------------------
gluLookAt(0,0,30,0,0,0,0,1,0);
glBegin(GL_TRIANGLES);  //ini adalah statment untuk membuat suatu bangun segitiga..setelah itu kalo kita mau buat garis lurus dengan membuat kita pke statment GL_LINES
glColor3f(10,0);//ini adalah kode warna
glVertex3f(0,4,0); //ini adalah koordinat titik pertama dan memakai titik xyz
glVertex3f(-3,0,0);//ini adalah koordinat titik kedua dan memakai titik xyz
glVertex3f(3,0,0);//ini adalah koordinat titik ketiga dan memakai titik xyz
glEnd();//ini adalah pengakhiran dari penggambaran yang kita lakukan
  //------------------------------------------------------------------------------------
  //
  // tampilkan ke layar (swap double buffer)
  glfwSwapBuffers();
  //
  // check input , apakah tombol esc ditekan atau tombol "close" diclick
  mRunning = !glfwGetKey( GLFW_KEY_ESC ) && glfwGetWindowParam( GLFW_OPENED );
 }
 glfwTerminate();
 return(0);
}
void mulaiOpenGL(void)
{
 //
 // Set viewport ke resolusi 640x480 viewport bisa diibaratkan 
 // layar monitor anda
 glViewport( 0, 0, 640, 480 );
 //
 // Set mode OpenGL ke mode pryeksi (Projection) dan set proyeksi 
 // menggunakan proyeksi perspective, dengan sudut pandang (Field Of
 // View) 60 derajat
 glMatrixMode( GL_PROJECTION );
 glLoadIdentity();
 gluPerspective( 60.0f, 640.0f/480.0f, 0.1f, 1000.0f );
 glMatrixMode( GL_MODELVIEW );
 glLoadIdentity();
 //
 // Set mode gradasi warna halus (Smooth)
 glShadeModel( GL_SMOOTH );
 //
 // warna yang digunakan untuk membersihkan layar
 glClearColor( 0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f );
 //
 // nilai untuk membersihkan depth buffer.
 glClearDepth( 1.0f );
 //
 // Depth test digunakan untuk menghindari polygon yang
 // tumpang tindih.
 glEnable( GL_DEPTH_TEST );
 glDepthFunc( GL_LEQUAL );
 //
 // beritahu OpenGL untuk menggunakan perhitungan perspective
 // yang terbaik (perhitungan ini tidak bisa selalu 100% akurat)
 glHint( GL_PERSPECTIVE_CORRECTION_HINT, GL_NICEST );
}
4. dan ouput ya adalah
# SEMOGA BERMANFAAT #



 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar